PENGARUH TEKNIK MEMBACA INTENSIF TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM ARTIKEL “KPK BATMAN YANG LELAH” PADA SISWA KELAS XII SMA SWASTA PABA SECANGGANG KAPUPATEN LANGKAT

Main Authors: Rahayu, Sri, Sidiqin, M. Ali
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BUDIDAYA BINJAI , 2019
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/197
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/197/140
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik membaca intensif terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel “KPK, Batman yang Lelah” pada siswa kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi yang diambil dari seluruh kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang berjumlah 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas XII.1 dan XII.2 SMA Swasta PABA Secanggang sebanyak 70 orang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, pengumpulan data yang biasa disebut instrumen. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan adalah tes objektif dan tes essay. Jenis penelitian kuantitatif dan analisis datanya menggunakan korelasi Product moment. Dari hasil korelasi yang besarnya 0,66 maka koefesien korelasi yang ditemukan adalah korelasi tinggi, sedangkan r tabel adalah 0,238 dan hasil dari thitung > ttabel yaitu 7,29 > 2,00 maka dari itu Ha = diterima dan Ho = ditolak. uji terdapat pengaruh teknik membaca intensif yang signifikan terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel “KPK, Batman yang Lelah” pada siswa kelas XII SMA Swasta PABA Secanggang Kabupaten Langkat.