UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 5 KLUMPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: M.Pd, Mardiana Nasution
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Budidaya Binjai , 2019
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/97
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/97/65
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/downloadSuppFile/97/47
Daftar Isi:
  • Abstract : This research deals to enhance the problem solving ability with the cooperative learning techniques Think-Pair-Share (TPS) on the tenth grade student of SMA Swasta PAB 5 Klumpang in the academic year 2016/2017. This research was a classroom action research (car), the subject of this research were student in X-2 that contained forty student. The implementation of action performed during two cycles, with each cycle conducted in two meetings. In each cycle performed four stages, that was plan, act, observe and reflect. The instrument of this research was the test and observation sheet. In the first cycle abtained average value of the students were 55,5, there were still many students who have not completed in the first cycle, while the average value of student in the second cycle was 75,425 with increased the test result and can achieve the mastery learning students. The result showed that using cooperative learning techniques Think-Pair-Share can improve students’ mathematical problem solving ability of SMA Swasta PAB 5 Klumpang in the academic year 2016/2017 on the material Linear Equations of Two Variables. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share (TPS) siswa kelas X SMA Swasta PAB 5 Klumpang tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X-2 SMA Swasta PAB 5 Klumpang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 40 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (act), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 55,5 masih banyak siswa yang belum tuntas pada siklus I, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 75,425 dengan hasil tes yang meningkat dan dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Swasta PAB 5 Klumpang tahun pelajaran 2016/017 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).