PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN STABAT

Main Authors: Br. Tarigan, Rima Ayu Amanda Putri, Wirevenska, Ice
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: STKIP Budidaya Binjai , 2019
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/228
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/228/158
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampauan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang pada pokok bahasan Operasi Aljabar. Motode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP SMP Harapan Stabat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiridari 2 kelas.Sampel dalam penelitian ini diambil secara random, terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas Eksperimen 1 dan Kelas VIII-3 sebagai kelas Eksperimen 2.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan postes yang berbentuk uralan sebanyak 5 soal untuk tes pemecahan masalah matematika, soal yang dinyatakan valid dan dapat digunakan melihat tingkat kemampuan kreatif dan pemecahan masalah matematika yang diajarkan menggunkan Pendekatan Open-Ended. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik-t. Dari analisis data diperoleh tingkat pemecahan masalah matematika siswa untuk kelompok eksperimen sebesar dengan nilai rata-rata 49, simpangan baku sebesar 15 dan varians sebesar 214 dengan total jumlah siswa 30 orang siswa. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 2,944, dengan rnembandingkan harga ini pada tabel = 1,671 ternyata thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat tahun pelajaran 2017/2018.