PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL INTEGRATED DAN NETWORKED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA TEMA PENCEMARAN AIR
Main Author: | -, sanimah - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Budidaya Binjai
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/103 https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/103/72 https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/downloadSuppFile/103/54 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa diberi pembelajaran IPA terpadu model integrated dengan model networked. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kota Stabat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non randomaized static group pretest-postest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa berbeda secara signifikan antara kelas yang memperoleh pembelajaran IPA terpadu model integrated dengan pembelajaran IPA terpadu model networked. Pembelajaran IPA terpadu model integrated dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai gain 0,53 (kategori sedang). Sedangkan pembelajaran IPA terpadu model networked dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai gain 0,41 (kategori sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA terpadu model integrated dan networked dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dan memberikan hasil peningkatan yang berbeda.