Portfolio Based Instruction Sebagai Model Pembelajaran

Main Author: Muhson, Ali
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi UNY , 2012
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/707
http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/707/571
Daftar Isi:
  • Pengelolaan kelas yang kurang kondusif menyebabkan proses belajar tidak berjalan secara optimal untuk itu perlu penerapan model pembelajaran yang mampu merekam seluruh aktivitas belajar mahasiswa agar proses pembelajaran berjalan efektif. Portofolio merupakan suatu kumpulan atau berkas bahan pilihan yang dapat memberi informasi bagi suatu penilaian kinerja siswa secara objektif. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (MPBP) mengacu pada prinsip dasar pembelajaran prinsip belajar siswa aktif (student active learning), kelompok belajar kooperatif (cooperative learning), pembelajaran partisipatorik, dan mengajar yang reaktif (reactive teaching). Hal-hal yang perlu dicermati dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan penilaian portofolio adalah mengumpulkan, seleksi, refleksi, dan relevansi.