Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam
Komunikasi massa dalam pengertian media massa senantiasa mengalami kemajuan pesat yang disebabkan semakin majunya teknologi komunikasi dan semakin tinginya ilmu pengelolanya. Kemajuan tidak hanya berhubungan dengan semakin baiknya kualitas penyajian, tetapi juga berhubungan dengan semakin banyaknya...
Main Author: | Mafri Amir (-) |
---|---|
Format: | |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Ciputat :
PT. Logos Wacana Ilmu
, 1999
|
Edition: | Cet. 2 |
Subjects: | |
Online Access: |
http://katalogdpkprovbanten.perpusnas.go.id/detail-opac?id=32776 http://katalogdpkprovbanten.perpusnas.go.id/sampul_koleksi/original/Monograf/32776.jpeg |
Summary: |
Komunikasi massa dalam pengertian media massa senantiasa mengalami kemajuan pesat yang disebabkan semakin majunya teknologi komunikasi dan semakin tinginya ilmu pengelolanya. Kemajuan tidak hanya berhubungan dengan semakin baiknya kualitas penyajian, tetapi juga berhubungan dengan semakin banyaknya jumlah media massa. Masyarakat semakin mempunyai banyak pilihan terhadap media massa sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
Sesuai dengan fungsinya, media massa mampu memberikan informasi, memberikan pendidikan, menghibur, dan mempengaruhi kehidupan masyarakat. sebagai penjaga atau pengawal kebenaran, media massa senantiasa menjalankan fungsinya untuk melakukan social control terhadap kesalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. pekerjaan dalam hal social control tersebut merupakan tugas suci dan mulia dari para pekerja komunikasi massa yang sejalan dengan agama.
Komunikasi massa jelas-jelas akan memberikan pengaruh atau dampak terhadap masyarakat, baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Dampak negatif yang timbul dari komunikasi massa, tentu bukan hal yang dimaksudkan atau diinginkan oleh pengelola komunikasi massa. Namun dalam aplikainya, komunikasi massa juga telah menimbulkan dampak buruk sebagai said efek. Para pengelola, kadang lupa mematuhi aturan main atau norma-norma berlaku dalam masyarakat, baik norma agama maupun norma adat-istiadat.
Karena itu, para pengelola komunikasi massa haruslah tunduk kepada etika yang berlaku. Etika sebagaimana telah dijelaskan dalam buku ini tidak hanya sebatas pengertian buruk baik menurut masyarakat di barat atau di timur, tetapi dalam pengertian yang mengacu kepada norma agama, yakni Islam. Islam menjelaskan etika sebagai akhlak. Akhlak merupakan puncak dan inti ajaran agama Islam. Karena untuk menyempurnakan akhlak itulah, Nabi Muhammad SAW diutus Allah SWT. |
---|---|
Physical Description: |
xv, 145 halaman ; 21 cm |
ISBN: |
9789796260478 |