PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN, PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL, DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA GRAND ZURI GROUP HOTEL DI PEKANBARU)

Main Authors: ', Novita Sari, ', Marnis ', ', Samsir '
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Ekonomi , 2015
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2609
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2609/2564
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada Grand Zuri Group Hotel di Kota Pekanbaru. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh manajemen pengetahuan, pembelajaran organisasional, dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing. Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner tertutup terhadap 102 orang responden. Responden adalah para pimpinan dan/atau pihak-pihak lainnya yang memiliki kewenangan mengambil kebijakan strategis di Grand Zuri Group Hotel Pekanbaru. Analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software AMOS 20. Berdasarkan SEM full model diperoleh hasil yang layak dan dapat digunakan dan telah memenuhi hampir seluruh kriteria kelayakan model. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pengetahuan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan pembelajaran organisasional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan dan keunggulan bersaing perusahaan. Selanjutnya, manajemen pengetahuan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Kinerja perusahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Namun, orientasi pasar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini merekomendasikan Grand Zuri Group Hotel Pekanbaru untuk meningkatkan pembelajaran organisasional di dalam perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan guna mencapai keunggulan bersaing perusahaan di masa yang akan datang. Perusahaan juga direkomendasikan untuk mempertahankan dan meningkatkan penerapan manajemen pengetahuan dan orientasi pasar untuk mempertahankan eksistensi bisnis perusahaan di masa depan.Kata Kunci : Manajemen Pengetahuan, Pembelajaran Organisasional, Orientasi Pasar, Kinerja Perusahaan, Keunggulan Bersaing