Kepraktisan Aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) Berbasis Android dalam Menunjang Pembelajaran Mandiri

Main Author: Sari, Desy Kumala
Format: Article info Research and Development application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: DIFFRACTION , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/1669
http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/1669/1184
Daftar Isi:
  • Aplikasi Fisika Isomorfis (FORFIS) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat melatih peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah yang bersifat isomorfis. Konten aplikasi ini telah ditelaah oleh ahli dan telah dinyatakan “layak”. Namun, kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di kelas belum dilakukan pengujian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan aplikasi FORFIS dalam pembelajaran fisika di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui angket respon peserta didik setelah proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil persentase kemudian diinterpretasikan sesuai dengan kriteria kepraktisan. Analisis data menunjukkan rata-rata respon peserta didik sebesar 92% dengan kategori “sangat baik”. Hal ini berarti peserta didik sangat tertarik pada aplikasi FORFIS. Dengan demikian aplikasi FORFIS merupakan aplikasi pembelajaran mandiri yang telah layak dan praktis digunakan dalam memenuhi sumber belajar peserta didik.