Electronic Word of Mouth Melalui Youtube: Studi Terhadap Beauty Vlogger Kosmetik Wardah
Main Authors: | Sari , Sonnya , Yuliana, Gati Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/583 http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/583/328 |
Daftar Isi:
- This study examines marketing communication by electronic of mouth through a beauty vlogger that is done to communicate the product. The product of this case study is Wardah. This research uses the concept of electronic words of mouth as its analysis blade. This research uses interpretative paradigm with qualitative approach. Informants as research subjects are representative Wardah, beauty vlogger, and audiences. The results show that electronic word of mouth is one form of marketing communication that utilizes the digital media platform as a means of communication. Social media used by beauty vlogger is considered more effective in communicating a product. Wardah uses beauty vlogger as a medium that communicates its marketing through electronic word of mouth in order to reach a broader target with a relatively short time. The effectiveness of an electronic word of mouth dissemination done by beauty vlogger can not be separated from the content of communications submitted in the uploaded video.
- Penelitian ini mengkaji komunikasi pemasaran electronic word of mouth melalui beauty vlogger yang dilakukan untuk mengomunikasikan produk. Adapun produk yang menjadi studi kasus ini adalah Wardah. Penelitian ini menggunakan konsep electronic words of mouth sebagai pisau analisisnya. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dengan pendekatan kualitatatif. Informan yang menjadi subjek penelitian merupakan representatif Wardah, beauty vlogger, dan khalayak. Hasil penelitian memperlihatkan electronic word of mouth merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang memanfaatkan platform media digital sebagai sarana komunikasinya. Media sosial yang digunakan oleh beauty vlogger dianggap lebih efektif dalam mengomunikasikan suatu produk. Wardah menggunakan beauty vlogger sebagai media yang mengomunikasikan pemasarannya melalui electronic word of mouth agar dapat menjangkau sasaran yang lebih luas dengan waktu yang relatif singkat. Keefektifan suatu penyebaran electronic word of mouth yang dilakukan beauty vlogger tidak terlepas dari isi komunikasi yang disampaikan dalam video yang diunggah.