Strategi Surat Kabar Radar Depok Dalam Mengantisipasi Media Online
Main Authors: | Nurhasanah , Sitiana , Alkatiri, Jufri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1126 http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1126/723 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to determine the efforts of the Depok Radar newspaper that can maintain its existence and anticipate competition in the media industry, especially in the current online media era. The concept studies used are mass media strategies and mass media (newspapers, online media). The research paradigm is post-positivist, the research approach is qualitative. The unit of analysis is individuals namely managing editor Radar Depok, and senior journalists. Data collection techniques using in-depth interviews, non-participant observation and documentation, as well as the validity of the data using source triangulation techniques. The results of this study indicate that for Radar Depok online media is not a big threat because according to him Radar Depok already has its own market. The strategy at Radar Depok is to do visual innovation, load the latest rubrics with specific moments, and have online media. For Radar Depok, the strategy efforts undertaken are aimed at maintaining its customers so as not to decrease, and the strategies that have been carried out are all expected to attract the attention of new readers of the Radar Depok newspaper.
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya surat kabar Radar Depok yang dapat mempertahankan eksistensinya serta mengantisipasi persaingannya di industri media khususnya pada era media online saat ini. Kajian konsep yang digunakan adalah strategi media massa, dan media massa (surat kabar, media online). Paradigma penelitian adalah post-positivis, pendekatan penelitian adalah kualitatif. Unit analisisnya adalah individu yaitu redaktur pelaksana Radar Depok, dan jurnalis senior. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan dokumentasi, serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagi Radar Depok media online bukanlah sebuah ancaman yang besar karena menurutnya Radar Depok sudah memiliki pasarnya tersendiri. Strategi pada Radar Depok yaitu melakukan inovasi visual, memuat rubrik-rubrik terbaru dengan moment tertentu, dan memiliki media online. Bagi Radar Depok, upaya strategi yang dilakukan bertujuan untuk tetap mempertahankan pelanggannya agar tidak berkurang, serta strategi yang sudah dilakukan semua diharapkan dapat menarik perhatian pembaca baru surat kabar Radar Depok.