Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak

Main Authors: Nuralita Fajri, Delia, Yuliati, Nanik, Putu Indah Budyawati, Luh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UPT Penerbitan Universitas Jember , 2020
Online Access: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/22680
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/22680/9213
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeskripsikan tentang analisis pelaksanaan asesmen perkembangan anak pada anak kelompok A2 di TK Dharma Wanita Tegal Gede Tahun Ajaran 2018-2019. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas kelompok A2 dan kepala sekolah. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil identifikasi pelaksanaan asesmen di TK Dharma Wanita Tegal Gede, adalah: guru telah melakukan kegiatan asesmen dengan baik dari perencanaan hingga proses dilakukannya asesmen di kelas. Sebelum memasukkan nilai pada buku bantu harian anak didik, guru setiap hari membuat catatan kecil dengan lingkaran hitam untuk anak mampu dan lingkaran putih untuk anak tidak mampu. Anak yang mampu mendapat huruf B dan yang tidak mampu mendapat huruf C, dalam hal ini asesmen yang digunakan memiliki kelemahan berupa huruf B dan C, yang kurang spesifik digunakan untuk mengetahui perkembangan masing-masing anak. Hasil asesmen harian belum digunakan sebagai informasi perkembangan anak selama di sekolah kepada orang tua   Kata Kunci : Assesmen perkembangan, kelemahan asessmen