IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG
Main Authors: | Kuntari, Septi; Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Febrianti, Reva; Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/7384 http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/7384/4980 http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/downloadSuppFile/7384/621 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan eksperimen murni sebagai metode penelitian dengan desain posttest only control group design. Sebelum melakukan penelitian peneliti mempersiapkan instrument tes terlebih dahulu, dimana instrument tes ini diberikan kepada kelas yang lebih tinggi, setelah itu dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah tes dinyatakan valid dan reliabel, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan normal dan homogen, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung < t tabel, yaitu sebesar 0.000 <0.05, hal ini sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, Ha diterima dan berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar sosiologi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan perolehan F-hitung 19.312 > F-tabel 3.98. Kata Kunci : Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar