KEPERCAYAAN DIRI SISWA DARI KELUARGA MISKIN DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN (Studi Pad SMA Negeri 2 Tomia Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi)

Main Author: Juhaepa, Dewi Anggraini, Agustian,
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Neo Societal , 2018
Subjects:
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7729
http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7729/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan aspek kepercayaan diri siswa keluarga miskin dalam melanjutkan pendidikan (Pada SMA Negeri 2 Tomia Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi). 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dari keluarga miskin dalam melanjutkan pendidikan pada SMA Negeri 2 Tomia Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penelitian yang dilakukan dengan informan di lapangan, diperoleh kesimpulan: 1) Aspek-aspek self esteem pada siswa di SMAN 2 Tomia meliputi : a) Merasa berharga, mayoritas siswa berasa dihargai oleh orang lain, hal ini nampak ada saat orang lain memberikan suatu penghargaan baik dalam bertanya kepada guru mengenai mata pelajaran yang belum dimengerti, maupun penghargaan yang berasal dari sesama siswa pada saat diskusi. b) Merasa mampu, mayoritas siswa mampu menunjukan prestasinya yang baik sesuai dengan keinginannya. Seorang siswa dapat menunjukan suatu prestasinya akiademiki yang diperolehnya. c) Merasa diterima, mayoritas siswa merasa diterima kehadiran dirinya dalam kelompok-kelompok siswa yang ada di SMAN 2 Tomia, atau seorang siswa merasa diterima oleh kelompok siswa lain manakala ia bergabung atau mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh kelompok yang bersangkutan. Dan 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi self esteem siswa terdiri : a) Faktor pengalaman, dimana siswa merasakan apa yang pernah dilaluinya baik yang bersifat positif mau negatif, adaalah merupakan bahan pembelajarannya terhadap dirinya. b) Faktor Pola Asuh, ada tidaknya pembedaan perlakuan terhadap anak, mempengaruhi tumbuhnya rasa percaya diri kepada anak yang bersangkutan, tergantung dari pola asuh yang dilakukan oleh orang tua. c) Faktor lingkungan, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi self esteem seorang siswa. Jika anak yang bersangkutan salah bergauL akan berakibat fatal terhadap kelangsungan pendidikanya, dan sebaliknya pula. d) Faktor sosial ekonomi, dengan kuatnya ekonomi orang tua siswa rasa percaya diri seorang siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya akan tertanam dalam dirinya.