KONSTRUKSI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN PELAJAR SMA NEGERI 4 KENDARI
Main Authors: | Hj. Suharty Roslan, Firdha Nurmalasari,, Upe, Ambo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Neo Societal
, 2019
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7700 http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7700/PDF |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Situs Online shop yang paling banyak dijadikan sarana belanja secara Online bagi pelajar, dan bagaimana konstruksi media sosial terhadap perilaku konsumtif pada pelajar. Penelitian ini meng-gunakan teknik simple random sampling dan juga menggunakan purposive sampling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Mixed Methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online shop yang paling sering dijadikan sarana dalam berbelanja adalah shopee karena memiliki keunggulan dan daya tarik yang lebih menurut para pelajar yaitu harga yang lebih murah, banyak diskon, ongkos kirim yang murah, lebih terjamin, lebih terpercaya, dan selalu mengikuti trend yang ada. Konstruksi media sosial terhadap perilaku konsumtif yang terjadi di kalangan pelajar yaitu diawali dengan eksternalisasi yaitu munculnya trend fashion ̧ dibuatkan layanan iklan serta diskon yang mem-pengaruhi serta mendorong para pelajar ini sehingga muncullah objektivasi dari perilaku konsumtif dimana para pelajar ini melakukan pembelanjaan secara berlebihan dengan tujuan untuk mencapai kepuasan serta menjaga penampilan diri. Dan dari perilaku konsumtif yang di nampakkan oleh para pelajar ini yang akhirnya menghasilkan online shop yang bertujuan untuk mempermudah penyaluran hasrat berbelanja para pelajar ini yang merupakan internalisasi perilaku konsumtif. Online shop ini pun menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan kelebihannya agar banyak pelajar atau masyarakat yang menggunakan online shop tersebut.