POTRET GAYA HIDUP KONSUMERISME DI KALANGAN PEREMPUAN (Studi Perempuan Sosialita di Mall Lippo Plaza Kota Kendari)
Main Author: | H. Sulsalman Moita, dan Bakri Yusuf, Elfin, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Neo Societal
, 2019
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7042 http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/7042/5171 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana potret gaya hidup dan konsumerisme pada perempuan sosialita di Mall Lippo Plaza Kota Kendari (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi gaya hidup konsumeri-sme pada perempuan sosialita. Penelitian ini dilakukan di Mall Lippo Plaza Kota Kendari dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi dan wawancara. Yang bersumber dari enam belas informan ibu-ibu sosialita pengunjung Mall Lippo Plaza Kendari. Lippo Plaza adalah pusat perbelanjaan yang dibangun di tempat yang sangat strategis, Mall Lippo Plaza ini terdiri dari empat lantai dengan penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional dan internasional antara lain Matahari, Depertement Store, Pizza Hut, Solaria dan masih banyak lagi, yang dikemas dengan konsep Family Mall yang menyediakan seluruh kebutuhan keluarga maupun kebutuhan ibu-ibu sosialita. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan yang disertai dengan analisis, diperoleh gambaran bahwa gaya hidup konsumerisme pada perempuan sosialita pengunjung Mall Lippo Plaza Kota Kendari dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: (1) tampilan gaya berpakaian ibu sosialita pengunjung Mall Lippo Plaza Kendari, 2) intesitas ibu sosialita pergi ke mall Lippo Plaza Kendari, 3) aktivitas ibu sosialita pergi ke Mall Lippo Plaza Kendari, yang terdiri dari a) aktivitas berbelanja, b) aktivitas refresing. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup konsumerisme pada perempuan sosialita pengunjung Mall Lippo Plaza Kendari. a) Faktor Psikologis, b) Faktor Lingkungan, c) Faktor Finansial.Kata Kunci: Gaya Hidup, Konsumerisme, Sosialita, Pengunjung Mall