Motif Subscriber Menonton Channel YouTube Raditya Dika

Main Author: Mellyaningsih, Adinda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal e-Komunikasi , 2016
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4891
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4891/4499
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif para subscriber dalam menonton channelYouTube Raditya Dika. Raditya Dika merupakan YouTuber Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak dan merupakan orang pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Certifies Award oleh YouTube. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan jenis penelitian kuantitaif yang menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif tertinggi adalah pada indikator hiburan dan relaksasi.Sedangkan yang terendah ada pada indikator persahabatan.