Sikap pemirsa iklan televisi Oppo F1 selfie expert terhadap penggunaan celebrity endorser Rio Haryanto

Main Author: Sulayman, Apriyana Ninik
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal e-Komunikasi , 2016
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4860
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4860/4469
Daftar Isi:
  • Dalam iklan, selebriti digunakan sebagai juru bicara merek agar cepat melekat di benak konsumen dan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang didukung. Rio Haryanto adalah selebriti yang populer sebagai atlet balap mobil. Perusahaan Oppo Indonesia memilih Rio Haryanto sebagai celebrity endorser dalam iklan Oppo F1 selfie expert. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sikap pemirsa iklan televisi Oppo F1 selfie expert terhadap penggunaaan celebrity endorser Rio Haryanto. Peneliti ingin melihat sikap responden dari komponen kognitif, afektif, dan konatif terhadap masing-masing karakteristik celebrity endorser TEARS dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei menggunakan kuesioner. Karakteristik celebrity endorser menurut model TEARS terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, similarity. Hasil penelitian menunjukkan sikap netral, karena responden mengetahui dan menyukai karakteristik celebrity endorse Rio Haryanto namun hal tersebut tidak menimbulkan kecenderungan ingin membeli.