PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Syah, Nurhasan, Busra, Nelma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang , 2018
Online Access: http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/5
http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/5/4
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar dampak pembelajaran konstruktivisme menggunakan Modul dapat meningkatkan konsep diri dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di kelas X Otomasi Industri SMKN 1 Batam. Data tentang konsep diri dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil belajar Fisika menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dan temuan menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan konsep diri, dan (2) hasil belajar setelah penerapan pembelajaran Konstruktivisme Modul Fisika. Temuan ini menunjukkan bahwa modul Konstruktivisme dapat dikembangkan lebih luas dalam rangka meningkatkan konsep diri siswa serta hasil belajar.