HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PKK TATA BUSANAFAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Main Authors: Yulian, Ridha, Ernawati, Ernawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang , 2018
Online Access: http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/24
http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/24/20
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan gaya belajar dan hubungannya dengan hasil belajar mahasiswa prodi PKK Tata Busana UNP. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling. Besar sample adalah 73 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan pada mahasiswa adalah gaya belajar auditorial. Hasil belajar mahasiswa pada umumnya berada dalam predikat sangat memuaskan. Hasil uji Regresi menunjukkan gaya belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mahasiswa, dimana nilai Sig yang diperoleh lebih besar dari 0.05 yaitu 0.220 > 0.05. Gaya belajar memiliki keeratan hubungan 4.3% dengan hasil belajar mahasiswa.