HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT-PENDEKATAN CTL DAN TPS-PENDEKATAN CTL

Main Authors: Rahayu, Siti, Cahyadi, Rahman; STKIP Muhammadiyah Pringsewu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL e-DuMath , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/908
http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/908/423
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran NHT pendekatan CTL dan rerata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, (2) rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran NHT pendekatan CTL lebih baik dari pada rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL. Seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 merupakan populasi dalam penelitian dengan teknik pengambilan sampel yakni dengan cluster random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan anava satu jalan dengan sel yang sama. Dari analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran NHT pendekatan CTL dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPSpendekatan CTL dan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai melalui model pembelajaran NHT pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL.Key Word : NHT, TPS, CTL