MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Author: Irawan, Agus; Sistem Informasi, STMIK Pringsewu Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL e-DuMath , 2017
Online Access: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/461
http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/461/236
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika; (2) meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di sana, masing-masing lingkaran terdiri dari empat tahap, seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas XII.IPS pada semester pertama di SMA Bina Mulya Gadingrejo dengan sub pembahasan integral. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XII.IPS SMA Bina Mulya Gadingrejo tahun pelajaran 2016/2017.Kata kunci: pembelajaran kooperatif model permainan tim tipe, kegiatan belajar, hasil belajar.