Representasi Perempuan Pada Iklan Televisi Dancow Calcium Plus Versi More Than A Woman

Main Author: Wijaya, Priscilla Marcia; LPPM UK Petra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2013
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/540
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/540/474
Daftar Isi:
  • Iklan televisi Dancow Calcium Plus versi More Than A Woman menampilkan figur perempuan yang berbeda dari stereotipe masyarakat patriarkat. Figur perempuan pada iklan ini dapat melakukan berbagai aktivitas baik yang biasanya diidentikan dengan pekerjaan perempuan maupun laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode semiotika dan kode televisi John Fiske. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa representasi perempuan pada iklan ini cenderung bias gender modern, yaitu konstruksi sosial yang menempatkan perempuan sebagai sosok tradisional pada budaya modern, serta terdapat adanya pencampuran ideologi-ideologi tradisional dan modern pada masyarakat patriarkat.