ANALISIS VISUALISASI IKLAN TELEVISI XL PRIORITAS VERSI "RE-IMAGINED"

Main Authors: Wiyadi, Capriandy Dibyawira; UK Petra, Bangsa, Petrus Gogor; UK Petra, Christianna, Aniendya; UK Petra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2016
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4376
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4376/4014
Daftar Isi:
  • Kehadiran perempuan dalam sebuah iklan selalu terikat dengan stereotip bahwa keberadaan perempuan hanya sebagai pelengkap dan penarik perhatian dari konsumen. Dalam iklan XL Prioritas versi “Re-imagined”, perempuan muncul sebagai subjek dengan kebebasan yang tergambar melalui tagline produk XL yaitu “worry-free, in control, prioritised”. Dalam penelitian ini, semiologi Roland Barthes digunakan untuk memaknai kode-kode yang mengarah pada pesan tersembunyi dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di balik sosok perempuan yang ditampilkan sebagai subjek di luar dari stereotip yang telah ada ternyata terdapat kode-kode yang memposisikan perempuan kembali sebagai objek dalam iklan. Perempuan kembali “tertindas” sebagai sang liyan dengan dominasi simbolik budaya patriarki.