PERANCANGAN BOARD GAME SENSASI VISUAL UNTUK TUNANETRA LOW VISION USIA 12-15 TAHUN

Main Authors: Larissa, Nathania; UK Petra, Bangsa, Petrus Gogor; UK Petra, Christianna, Aniendya; UK Petra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2016
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4367
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4367/4007
Daftar Isi:
  • Penglihatan adalah salah satu anugerah terbesar yang diberikan Tuhan dalam kehidupan setiap manusia. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak memiliki penglihatan sama sekali yaitu tunanetra, dan ada sebagian yang masih memiliki sedikit sisa penglihatan mereka yaitu tunanetra low vision. Low vision dapat terjadi pada siapa saja, tidak luput remaja, yang sesungguhnya amat membutuhkan penglihatan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Meskipun memiliki kekurangan penglihatan, tunanetra low vision usia remaja 12 – 15 tahun berhak untuk tetap menikmati visual sebagai sebuah unsur terpenting dalam kehidupan. Sang Aksariya adalah board game yang didesain khusus agar tunanetra low vision dapat menikmati sensasi visual. Perancangan ini ditujukan kepada tunanetra low vision usia 12-15 tahun. Diharapkan perancangan ini tidak hanya memberikan kesenangan secara visual namun juga untuk memberi dampak psikologis yang membangun, yaitu agar tunanetra tidak merasa rendah diri terhadap kondisi mereka, tapi terus termotivasi untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk masa depan.