REPRESENTASI GAYA HIDUP MEWAH DALAM IKLAN TELEVISI ES KRIM MAGNUM VERSI “MAGNUM CLASSIC”

Main Authors: Gunawan, Ivan Kristianto; UK Petra, Wibowo, Wibowo, Febriani, Rika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2015
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3405
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3405/3080
Daftar Isi:
  • Banyak cara dilakukan pembuat iklan produk untuk menarik pembeli. Setiap iklan menampilkan keunikkan dan keunggulan produknya masing-masing. Salah satu iklan yang menarik untuk diteliti adalah iklan Es Krim Magnum. Pada tahun 2010 Walls mengeluarkan iklan yang berjudul “Magnum Classic”. Iklan ini banyak menarik pembeli. Hal ini bisa dilihat dari penjualannya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Setelah dilakukan analisa semiotika terhadap visual iklan tersebut, ditemukan bahwa iklan tersebut menggambarkan suasana masyarakat perkotaan pada masa kini yang sangat sibuk dan memiliki sedikit waktu luang untuk bersenang-senang. Melaui iklan ini Es Krim Magnum menunjukkan keunggulannya, yaitu menikmati kesenangan dalam waktu yang singkat. Kesenangan yang ditampilkan yaitu dalam bentuk sensasi gaya hidup mewah, seperti kaum bangsawan Eropa abad 18.