Representasi Jawa Tengah Dalam Visualisasi Iklan Harian Suara Merdeka Versi Sahabat Sejati Figur Perempuan Bertopeng

Main Authors: WIJAYA, HALIM; UK PETRA, HAGIJANTO, ANDRIAN DEKTISA; UK PETRA, MAER, BERNADETTE DIAN ARINI; UK PETRA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2015
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3352
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3352/3032
Daftar Isi:
  • Di era kontemporer ini, masyarakat Jawa Tengah nampaknya sedang merayakan euforia budaya visual, dimanasegala sesuatunya ditinjau berdasarkan aspek visual. Salah satu bentuk perayaan budaya visual adalah caraberpikir visual oriented. Pendekatan visual oriented yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah kontemporeradalah pendekatan eklektik, yaitu upaya “meminjam” berbagai unsur masa lalu, yang dikonstruksikan di dalamsuatu konstruk visual kontemporer, dengan melibatkan kemutakhiran teknologi, sehingga menjadi bentukkonstruk visual baru yang berbeda. Hal ini ditampilkan pada iklan koran Suara Merdeka versi sahabat sejatiJawa Tengah dengan figur perempuan bertopeng yang dipublikasikan tahun 2011. Dengan menggunakanmetode semiotika Peirce, fenomena budaya visual, dan eklektik, sebagai objek material pada penelitian ini akanmengkaji representasi masyarakat Jawa Tengah yang divisualkan dalam iklan Suara Merdeka versi sahabatsejati Jawa Tengah dengan figur perempuan bertopeng. Iklan ini mencerminkan kondisi masyarakat JawaTengah yang majemuk dan penuh akulturasi, sebagai diskursus tentang Jawa Tengah kontemporer.