PERANCANGAN DESAIN KEMASAN ALMOND CRISPY CHEESE MEREK “GOSYEN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS SURABAYA

Main Authors: Gunawan, Steven; UK PETRA, Damayanti, Maria Nala; UK PETRA, Cahyadi, Jacky; UK PETRA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2015
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3252
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3252/2941
Daftar Isi:
  • Gosyen adalah produsen roti dan kue di Surabaya yang berdiri sejak tahun 2003. Di tahun 2012 Gosyenmemutuskan untuk menciptakan produk baru dengan nama Almond Crispy Cheese untuk oleh-oleh khas Surabaya.Kelemahan produk terletak pada positioning yang kurang tepat, baik itu segmen pasar yang dituju, maupun desainkemasan yang dinilai kurang memiliki identitas. Mengingat di era pasar persaingan modern, sebuah produkdituntut untuk dapat menjual produk mereka sendiri lewat identitas merek yang ditonjolkan, salah satunya kemasan.Begitu pula dengan prinsip sustainable pada kemasan yang tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, penting untukmelakukan perancangan desain kemasan Almond Crispy Cheese merek Gosyen yang didasarkan pada risetpasar/konsumen, isu yang sedang berlangsung, hingga mempelajari kelemahan dari kemasan sebelumnya. Darikeseluruhan data yang diolah, dibuatlah desain kemasan Almond Crispy Cheese merek Gosyen untuk memperkuatpositioning dan identitas produk sebagai oleh-oleh khas Surabaya, serta prinsip sustainable yang mendukungkeberlangsungan kemasan bagi lingkungan sekitar.