Analisis Penerapan Sparkling Surabaya sebagai City Branding di Bandara Internasional Juanda

Main Authors: Yenny, Yenny; UK PETRA, Hagijanto, Andrian Dektisa; UK PETRA, Arini Maer, Bernadette Dian; UK PETRA
Other Authors: Dinas Pariwisata Kota Surabaya, PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Juanda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal DKV Adiwarna , 2014
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1811
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1811/1643
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk penerapan Sparkling Surabaya di Bandara Internasional Juanda sebagai identitas visual dan media komunikasi visual (visual branding) yang belum dilakukan dengan optimal. Untuk melengkapi penelitian, penelitian juga diarahkan untuk menjawab Sparkling Surabaya sebagai identitas city branding yang diterapkan di Bandara Juanda, serta alasan tidak optimalnya penerapan Sparkling Surabaya di Bandara Juanda. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memahami secara mendalam Sparkling Surabaya dan alasan penerapannya di Bandara Juanda. Hasil penelitian menunjukkan penerapan yang tidak optimal dalam konteks visual branding disebabkan karena belum adanya kerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Surabaya dan PT Angkasa Pura I-kantor cabang Bandara Juanda. Visual branding yang digunakan Bandara Juanda adalah brand PT Angkasa Pura I dengan pertimbangan bahwa Bandara Juanda merupakan business airport.