Adopsi e-Commerce dalam Rumah Tangga antara Laki-laki dan Peremuan di Kota Yogyakarta

Main Author: Indriani, Mita
Other Authors: BPPKI Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: BPSDMP KOMNFO Yogyakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika , 2017
Subjects:
Online Access: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/767
https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/767/556
Daftar Isi:
  • Pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat memunculkan kemungkinan baru dan potensi di bidang e-commerce. Untuk mengetahui potensi lebih jauh perlu diketahui diskripsi penggunaan e-commerce. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara deskriptif adopsi dan penggunaan e-commerce dalam rumah tangga di Kota Yogyakarta dan juga melakukan perbandingan adopsi antara laki-laki dan perempuan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa tingkat adopsi e-commerce di Kota Yogyakarta adalah 18,75% untuk kegiatan belanja online dan 12,5% untuk kegiatan penjualan online. Hasil pengujian t membuktikan bahwa tidak ada perbedaan adopsi antara laki-kali dan perempuan dalam adopsi membeli online, namun ada perbedaan yang signifikan dalam adopsi menjual online.