Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi Android
Main Authors: | Komalasari, Titen, Yahya, Fahmi, Erfan, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Samawa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/93 http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/93/91 |
Daftar Isi:
- LKPD merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai pendamping siswa dalam melaksanakan kegiatan atau kerja, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok. Berdasarkan observasi, pembelajaran IPA fisika di sekolah belum menggunakan LKPD hanya terbatas pada buku paket yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui kelayakan LKPD berbantuan aplikasi android; 2). Mengetahui respon siswa terhadap LKPD berbantuan aplikasi android; dan 3). Mengetahu efektifitas LKPD berbantuan aplikasi android dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) modifikasi langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall berdasarkan kebutuhan peneliti yang meliputi beberapa tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data awal; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba pendahuluan; 5) revisi produk awal; 6) uji coba terbatas; dan 7) revisi produk operasional. Faktor yang diteliti adalah kelayakan LKPD oleh pakar, angket tanggapan siswa tentang keterbacaan LKPD, serta keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan dengan memperoleh rata-rata skor 3,2 dari masing-masing pakar dan berada pada kategori sangat baik. Selain itu pula respons siswa terhadap LKPD berbatuan aplikasi android memperoleh skor rata-rata 3,26 dan berada pada kategori sangat baik. LKPD juga efektif dilihat dari hasil uji t sebesar 1,851 yang bila dibandingkan dengan ttabel pada signifikansi 5% 1,703. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan aplikasi android untuk siswa SMP telah terbukti layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.