Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika

Main Authors: Susilawati, Sri, Rahman, A Hamid, Fitriyanto, Syarif
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Samawa , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/110
http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/110/110
Daftar Isi:
  • Model inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berawal dari suatu permasalahan terkait dengan kehidupan sekolah yang membutuhkan analisis serta penawaran solusi, namun tetap sesuai dengan bimbingan dari guru agar pembelajaran dapat mengarah pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran; 2) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA pada salah satu di Sumbawa yang berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada materi pengukuran.