Implementasi Media Laboratorium Virtual Pada Pendekatan Kooperatif Terhadap Peningkatan Kreativitas Fisika Mahasiswa STMIK Handayani Makassar

Main Author: Ulfa Laela Rambega
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STKIP Taman Siswa Bima , 2018
Subjects:
Online Access: http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/66
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/66/56
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan media laboratorium virtual merupakan media yang yang membuat mahasiswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta melakukan proses perilaku kreatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan tingkat kreativitas mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran laboratorium virtual pada pendekatan kooperatif.Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Handayani Makassar yang terdiri 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 mahasiswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan media laboratorium virtual dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan media laboratorium nyata. Adapun nilai hasil rata-rata kelas eksperimen I sebesar 72,00 dan persentase nilai angket tingkat kreativitas pada kriteria sangat kreatif diperoleh 32% dan kelas eksperimen II diperoleh 67,00 dengan persentase nilai angket tingkat kreativitas pada kriteria sangat kreatif sebesar 7% .Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media laboratorium virtual dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.