Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Scientific Setting Kooperatif pada Siswa Kelas V SDN 43 Pallette
Main Author: | Sirwanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM STKIP Taman Siswa Bima
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/43 http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/43/33 |
Daftar Isi:
- Matematika sebagai ilmu dasar merupakan suatu alasan pembelajaran matematika dikemas sebaik mungkin agar mudah dipahami oleh siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan Scientific yang mampu mengarahkan dan mengaktifkan siswa untuk berpikir ilmiah dengan karakteristiknya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Salah satu model yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang akhir-akhir ini menjadi perhatian dan dianjurkan para ahli pendidikan untuk digunakan. Oleh karena itu, untuk mengefektifkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut terdiri dari lima komponen yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).