Penggunaan Media Model Sirkulasi Darah Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII–B SMPN 2 Bolo

Main Author: Sitti Syarah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STKIP Taman Siswa Bima , 2016
Subjects:
Online Access: http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/39
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/39/29
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran “Sistem Peredaran darah manusia adalah media model Sirkulasi Darah” dengan keunggulan antara lain dapat memodelkan secara detail tentang konsep morfologi jantung, pembuluh darah arteri dan vena, sirkulasi pulmonal dan sirkulasi sistemik, serta memodelkan salah satu hubungan antara sistem organ pada tubuh manusia, sehingga dapat memperjelas penyajian materi, merangsang daya pikir siswa, dan melejitkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini meliputi 4 langkah yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) melaksanakan observasil (4) refleksi, dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil tindakan pada siklus I, aktifitas belajar siswa menunjukkan 5,1% siswa kurang aktif dan 43,6% siswa cukup aktif, 48,7% siswa aktif dan 5,1% sangat aktif dengan ketuntasan klasikal 66,7% serta nilai rata-rata sebesar 71,48. Pencapaian tersebut cukup merubah kondisi belajar siswa jika dibandingkan dengan penggunaan media charta yang hanya mampu menfasilitasi ketuntasan klasikal sebesar 32,43% dengan nilai rata-rata 55,81 serta indikator keaktifan yang lebih rendah yaitu 34,3% siswa kurang aktif, 62,9% siswa ckup aktif,hanya 2,9% siswa aktif dan tidak ditemukan siswa yang sangat aktif. Hasil tindakan pada Siklus II, menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu ditemukan siswa kurang aktih hanya 2,6%, siswa yang cukup aktif sebanyak 25,6%, siswa yang aktif sebanyak 48,7%, dan siswa sangat aktif sebanyak 7,7%. Sedangkan Siswa yang menunjukkan sikpa kurang aktif hanya 2,6%. Ketuntasan klasikal mencapai 87,18% dengan nilai rata-rata 80,66. Hasil tindakan siklus II telah melampaui standar ketuntasan minimal/indikator kinerja penelitian. Jadi Penggunaaan media Model Sirkulasi Darah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN 2 Bolo tahun pelajaran 2008/2009.