Implementasi Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika
Main Authors: | Endang Susilawati, Agustinasari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM STKIP Taman Siswa Bima
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/19 http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/19/17 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika yang mengimplementasikan model Project Based Learning berbasis potensi lokal pada perkuliahan fisika dasar I. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one group pre-post test design. Pretest dilakukan untuk mengukur keterampilan proses sains mahasiswa sebelum mendapat perlakuan. Setelah mahasiswa mendapatkan pembelajaran fisika dasar I dengan Project Based Learning berbasis potensi lokal, keterampilan proses sains mahasiswa diukur dengan menggunakan posttest. Posttest dilakukan sebanyak tiga kali agar tergambar peningkatan keterampilan proses sains. Hasil penelitian dan analisis data menyimpulkan bahwa Implementasi Project Based Learning berbasis potensi lokal pada perkuliahan fisika dasar dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika dengan kriteria peningkatan rendah.