Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A SMPN 4 Kota Bima

Main Author: Arif Rahman
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STKIP Taman Siswa Bima , 2019
Subjects:
Online Access: http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/171
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/171/139
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMPN 4 Kota Bima pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang di ditemukan pada setiap siklus. Peningkatan aktivitas siswa terlihat pada hasil observasi yang dilakukan observer pada siklus I dengan nilai rata-rata skor mencapai 1,67 dimana nilai ini termasuk dalam kriteria cukup aktif sedangkan prestasi belajar siswa terlihat pada ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 78,78% dengan nilai rata-rata 73,93. Oleh karena ketuntasan klasikal belum tercapai maka dilanjutkan ke siklus II dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus I. Dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II dengan rata-rata skor mencapai 2,56 dimana nilai ini termasuk kriteria sangat aktif sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus II mencapai 90,90% dengan nilai rata-rata 78,63. Ini artinya aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.