MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Main Author: Sariningsih, Ni Wayan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM IKIP PGRI Bali , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/734
https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/734/553
Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Marga Dajan Puri, Kec Marga, Tahun 2018, dengan judul “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SD Negeri 2 Marga Dajan Puri Kabupaten Tabanan Tahun 2018/2019”. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk : mendeskripsikan langkah-langkah supervisi akademik secara pedagogik dalam menyusun rencana pembelajaran. Temuan hasil penelitian ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa. Hasil penelitian tindakan sekolah adalah: 1. Penentuan perencanaan pada siklus I adalah 60% pada Siklus II 70%, 2. Hasil Melaksanakan Pembelajaran Tindakan Siklus I adalah 70% tindakan siklus II adalah 75 %.Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa Supervisi akademik secara pedagogik dapat meningkatkan pedagogik guru kelas dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik di SD Negeri 2 Marga Dajan Puri tahun pelajaran 2018/2019.