Analisis Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Tentena Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso

Main Author: Taariwuan, Silvany A
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/261
http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/261/245
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tentena. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tentena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey terhadap 40 pasien rawat inap di Puskesmas Tentena. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis gap.Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang mempunyai gap paling besar adalah atribut kecepatan pelayanan apotek, kelengkapan obat-obatan di apotek, kelengkapan fasilitas peralatan modern, dan ketersediaan pusat pengaduan terhadap keluhan pasien, Sedangkan atribut yang memiliki gap paling kecil adalah atribut kerapian dan kebersihan penampilan seluruh karyawan, keramahan dan kesopanan dokter dan perawat, kemudahan memperoleh informasi pelayanan, dan ketersediaan petunjuk arah untuk tiap ruangan.