IMPLEMENTASI DATA MINING ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PENJUALAN PRODUK SYAR’I MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO TIARA SCARF)
Main Author: | Almasri, M. Habibi Abdillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/810/1/8.%20INTISARI.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/2/10.%20BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/3/11.%20BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/4/12.%20BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/5/13.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/6/14.%20BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/7/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/810/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencari pasangan antar produk yang akan dijadikan rekomendasi paket penjualan untuk mempertahankan penjualan produk syar’i. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena banyaknya macam-macam produk yang mengharuskan pemilik toko untuk mengolah penjualan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Asosiasi (Association Rule) Data Mining menggunakan Algoritma Apriori dengan mengambil data transaksi penjualan. Metode ini akan mencari produk yang sering terjual melalui data transaksi penjualan untuk menghasilkan informasi yang bisa menentukan suatu keputusan dan memperoleh informasi seperti mengetahui pola pembelian produk syar’i yang dibeli konsumen untuk dijadikan pasangan antar produk. Hasil penelitian diperoleh adalah pembentukan rekomendasi paket penjualan setiap bulan yang berisi maksimal 3 item pada setiap paket.