INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME
Main Author: | ZUMAROH, MASKHUROTIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/ |
ctrlnum |
723 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/723/</relation><title>INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN
KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA
MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI
DARUSSALAM 1 CERME</title><creator>ZUMAROH, MASKHUROTIN</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar
yang selama ini ada di SMP YPI Darussalam 1 Cerme yaitu kurangnya interaksi
peserta didik. Hal ini dikarenakan belum optimalnya penggunaan model
pembelajaran disekolah tersebut, kurangnya interaksi peserta didik
mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian di SMP YPI Darussalam 1
Cerme dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis
etnomatematika pada materi bangun datar. Penggunaan model pembelajaran ini
diharapkan bisa meningkatkan interaksi peserta didik dan hasil belajar didik.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan interaksi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian
dilakukan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2017 – 2018 dengan
jumlah peserta didik yang sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah instrumen checklist dan instrumen tes. Instrumen checklist
berupa kolom pengisian yang meliputi aspek kontak sosial, komunikasi,
kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan asimilasi. Hasil pengisisan checklist
yang berupa skor, selanjutnya akan dihitung untuk mengetahui interaksi peserta
didik . Sedangkan instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal, hasil
tes peserta didik akan digunakan untuk mengetahui hasil belajar.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tingkat interaksi peserta didik
dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika
secara keseluruhan adalah 69% dengan kategori cukup baik.; (2) Dari 26 peserta
didik,terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas dan 19 peserta didik yang telah
tuntas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar
peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis
etnomatematika adalah 73% , sehingga secara klasikal dinyatakan tuntas.</description><date>2018-11-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf</identifier><identifier> ZUMAROH, MASKHUROTIN (2018) INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. </identifier><recordID>723</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ZUMAROH, MASKHUROTIN |
title |
INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN
KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA
MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI
DARUSSALAM 1 CERME |
publishDate |
2018 |
topic |
Mathematic Education |
url |
http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf http://eprints.umg.ac.id/723/ |
contents |
Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar
yang selama ini ada di SMP YPI Darussalam 1 Cerme yaitu kurangnya interaksi
peserta didik. Hal ini dikarenakan belum optimalnya penggunaan model
pembelajaran disekolah tersebut, kurangnya interaksi peserta didik
mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian di SMP YPI Darussalam 1
Cerme dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis
etnomatematika pada materi bangun datar. Penggunaan model pembelajaran ini
diharapkan bisa meningkatkan interaksi peserta didik dan hasil belajar didik.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan interaksi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian
dilakukan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2017 – 2018 dengan
jumlah peserta didik yang sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah instrumen checklist dan instrumen tes. Instrumen checklist
berupa kolom pengisian yang meliputi aspek kontak sosial, komunikasi,
kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan asimilasi. Hasil pengisisan checklist
yang berupa skor, selanjutnya akan dihitung untuk mengetahui interaksi peserta
didik . Sedangkan instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal, hasil
tes peserta didik akan digunakan untuk mengetahui hasil belajar.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tingkat interaksi peserta didik
dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika
secara keseluruhan adalah 69% dengan kategori cukup baik.; (2) Dari 26 peserta
didik,terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas dan 19 peserta didik yang telah
tuntas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar
peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis
etnomatematika adalah 73% , sehingga secara klasikal dinyatakan tuntas. |
id |
IOS13350.723 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Gresik |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id dpr.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
737 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik |
library_id |
758 |
collection |
Muhammadiyah University of Gresik |
repository_id |
13350 |
city |
GRESIK |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13350 |
first_indexed |
2020-03-24T07:52:51Z |
last_indexed |
2020-03-24T07:52:51Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686664541058891776 |
score |
17.538404 |