INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

Main Author: ZUMAROH, MASKHUROTIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/
ctrlnum 723
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/723/</relation><title>INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK&#xD; MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN&#xD; KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA&#xD; MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI&#xD; DARUSSALAM 1 CERME</title><creator>ZUMAROH, MASKHUROTIN</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar&#xD; yang selama ini ada di SMP YPI Darussalam 1 Cerme yaitu kurangnya interaksi&#xD; peserta didik. Hal ini dikarenakan belum optimalnya penggunaan model&#xD; pembelajaran disekolah tersebut, kurangnya interaksi peserta didik&#xD; mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi&#xD; permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian di SMP YPI Darussalam 1&#xD; Cerme dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis&#xD; etnomatematika pada materi bangun datar. Penggunaan model pembelajaran ini&#xD; diharapkan bisa meningkatkan interaksi peserta didik dan hasil belajar didik.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk&#xD; mendeskripsikan interaksi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian&#xD; dilakukan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2017 &#x2013; 2018 dengan&#xD; jumlah peserta didik yang sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang&#xD; digunakan adalah instrumen checklist dan instrumen tes. Instrumen checklist&#xD; berupa kolom pengisian yang meliputi aspek kontak sosial, komunikasi,&#xD; kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan asimilasi. Hasil pengisisan checklist&#xD; yang berupa skor, selanjutnya akan dihitung untuk mengetahui interaksi peserta&#xD; didik . Sedangkan instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal, hasil&#xD; tes peserta didik akan digunakan untuk mengetahui hasil belajar.&#xD; Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tingkat interaksi peserta didik&#xD; dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika&#xD; secara keseluruhan adalah 69% dengan kategori cukup baik.; (2) Dari 26 peserta&#xD; didik,terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas dan 19 peserta didik yang telah&#xD; tuntas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar&#xD; peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis&#xD; etnomatematika adalah 73% , sehingga secara klasikal dinyatakan tuntas.</description><date>2018-11-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf</identifier><identifier> ZUMAROH, MASKHUROTIN (2018) INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. </identifier><recordID>723</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZUMAROH, MASKHUROTIN
title INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME
publishDate 2018
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/723/1/bab%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/2/bab%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/3/bab%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/4/bab%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/5/bab%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/723/
contents Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar yang selama ini ada di SMP YPI Darussalam 1 Cerme yaitu kurangnya interaksi peserta didik. Hal ini dikarenakan belum optimalnya penggunaan model pembelajaran disekolah tersebut, kurangnya interaksi peserta didik mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian di SMP YPI Darussalam 1 Cerme dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika pada materi bangun datar. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan bisa meningkatkan interaksi peserta didik dan hasil belajar didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan di SMP YPI Darussalam 1 Cerme tahun pelajaran 2017 – 2018 dengan jumlah peserta didik yang sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen checklist dan instrumen tes. Instrumen checklist berupa kolom pengisian yang meliputi aspek kontak sosial, komunikasi, kerjasama, persaingan, penyesuaian diri, dan asimilasi. Hasil pengisisan checklist yang berupa skor, selanjutnya akan dihitung untuk mengetahui interaksi peserta didik . Sedangkan instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal, hasil tes peserta didik akan digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tingkat interaksi peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika secara keseluruhan adalah 69% dengan kategori cukup baik.; (2) Dari 26 peserta didik,terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas dan 19 peserta didik yang telah tuntas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis etnomatematika adalah 73% , sehingga secara klasikal dinyatakan tuntas.
id IOS13350.723
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:52:51Z
last_indexed 2020-03-24T07:52:51Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664541058891776
score 17.538404