SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PELANGGAN YANG BERPOTENSI MENDAPATKAN PROMOSI MENGGUNAKAN FUZZY CLUSTERING MEANS DAN FUZZY DATABASE MODEL TAHANI

Main Author: ARDIANSYAH, NOVI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/607/1/11.%20INTISARI.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/2/13.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/3/14.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/4/15.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/5/16.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/6/17.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/607/
Daftar Isi:
  • Biro jasa perjalanan Kawan Wisata adalah suatu biro jasa yang menawarkan paket perjalanan wisata, namun juga dapat mengatur perjalanan sesuai dengan permintaan pelanggan travel. Pelanggan merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan. Pemberian promosi menjadi salah satu usaha dalam menarik minat pelanggan. Permasalahan yang ada di biro jasa perjalanan Kawan Wisata adalah petugas travel kesulitan dalam menentukan pelanggan yang akan diberi promosi. Penetuan target promosi perlu dilakukan secara strategis sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran lebih murah dibandingkan dengan strategi pemasaran yang menyeluruh dan kurang tepat. Penentuan target promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan algoritma Fuzzy C-Means untuk mengelompokan data pelanggan dan algoritma Fuzzy Database Model Tahani untuk menentukan pelanggan yang berpotensi mendapatkan promosi berdasarkan jumlah transaksi, jumlah bus besar yang disewa, jumlah bus kecil yang disewa, jumlah tour leader yang disewa, status pelanggan dan recency. Output yang dihasilkan adalah informasi pelanggan mana saja yang akan dijadikan target promosi. Hasil pengelompokan 50 data transaksi pelanggan menunjukan bahwa pengelompokan menggunakan jumlah cluster 3 memiliki nilai validitas index XB terendah yaitu 0,4318.