PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 RANDUAGUNG GRESIK

Main Author: Rokhmah, Silviatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/507/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/3/BAB%202.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/4/BAB%203.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/5/BAB%204.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/6/BAB%205.pdf
http://eprints.umg.ac.id/507/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias peserta didik saat proses pembelajaran matematika karena pembelajaran belum berpusat pada peserta didik yang menyebabkan hasil belajar matematika rendah. sehingga peneliti menerapkan pembelajaran inkuiri pada penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi menghitung luas persegi dan persegi panjang peserta didik kelas III SDN 1 Randuagung Gresik.. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Randuagung Gresik yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengambil data kondisi peserta didik yang dilakukan saat pengamatan langsung di kelas dan tes untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika peserta didik pada materi menghitung luas persegi dan persegi panjang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung luas persegi dan persegi panjang peserta didik kelas III SDN 1 Randuangung Gresik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 48,49% yang mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 78,79%.