Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Efektifitas Perpustakaan , Dalam Menunjang Proses Pembelajaran siswa, Sekolah yang dipilih adalah MTs. Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu Efektifitas perpustakaan sebagai variable bebas (X) dan proses pemblajaran siswa sebagai variable terikat (Y). penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan questioner, Questioner diberikan kepada siswa, dengan 19 item pertanyaan untuk variable X dan 15 item untk variable Y dan dengan responden 40 (siswa MTs. Bahrul Ulum kelas (VII A dan VIIB). Untuk penghitungan korelasi penulis menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka korelasi antara variable X ( Efektifitas Perpustakaan) dan variable Y(Proses Pembelajaran Siswa) adalah sebesar 0.326 dan jumlah tersebut lebih besar dari “r”tabel yang besarnya 0.312. karena lebih besar dari “r”tabel, maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Efektifitas Perpustakaan Dengan Proses pembelajaran siswa.