PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 1 PENGANGSALAN
Main Author: | SUSANTI, HERLINA DYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/421/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/421/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 1 Pengangsalan, bahwa peserta didik masih kurang memperhatikan materi, peserta didik kurang berkonsentrasi seperti masih bercanda dengan temannya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu peserta didik cenderung merasa bosan karena model pembelajaran kurang bervariasi, kurangnya kreatifitas guru dalam kegiatan belajar mengajar, dan pembelajaran masih bersifat teacher centered. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif, yang dilakukan selama tiga pertemuan, dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk melaksanakan tes hasil belajar dan mengisi lembar angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pegamatan kemampuan guru menerapkan pembelajaran, tes gasil belajar, dan megisi angket respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 85,53 dengan prosentase ketuntasan klasikal 93,3% dan dapat dikatakan tuntas. Selain itu dari hasil penelitian rata-rata kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran seluruh pertemuan adalah 89,8 dapat dikatakan baik sekali. Respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT dapat dikatakan baik dengan rata-rata 96,7%.