Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Perilaku caring perawat merupakan salah satu Aspek yang sangat berhubungan dengan pelayanan keperawatan, karena caring mencakup hubungan antar manusia dan berpengaruh terhadap mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Tujuan penelitian menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit TNI AD (D.K.T) Sidoarjo. Metode : desain analitik, cross sectional. Populasi 96 pasien dan sampel 77 pasien. Teknik pengambilan sampel : simple random sampling. Instrument lembar kuesioner. Pengolahan data : uji statistik korelasi Spearman Rank. Hasil : Hasil penelitian sebagian besar perilaku caring perawat di Rumah Sakit TNI AD (D.K.T) Sidoarjo pada kategori perilaku caring perawat baik dengan frekuensi 52 pasien (67,5%). Kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit TNI AD (D.K.T) Sidoarjo hampir seluruhnya puas dengan frekuensi 60 pasien (78%). Hasil uji statistik korelasi Spearman Rank (rho) menunjukkan nilai p < α (0,000< 0,05) maka H0 ditolak. Kesimpulan : Ada hubungan Perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit TNI AD (D.K.T) Sidoarjo.