Daftar Isi:
  • Latar belakang : Salah satu indikator mutu pelayanan Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Sebagai ujung tombak pelayanan perawat mempunyai peranan penting tentunya komunikasi terapeutik merupakan hal yang sangat mendasar yang berhubungan dengan kepuasan pasien. Observasi di RS.Mitra Keluarga Surabaya 91,5% pasien menyatakan puas dengan pelayanan perawat hal ini masih kurang dari target pelayanan 95-100%, kemungkinan masalah komunikasi masih perlu dikaji. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di ruang Medikal Bedah RS.Mitra Keluarga Surabaya Metode : Jenis Penelitian analitik korelasional dengan tehnik cross sectional. Populasi sebanyak 99 pasien, sampel 77 pasien dengan tehnik simple random sampling. variabel independen adalah komunikasi terapeutik, variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Instrumen menggunakan kuesioner. Data dianalisa dengan korelasi rank spearman Hasil : Komunikasi terapeutik di Ruang Medikal Bedah RS.Mitra Keluarga Surabaya sebagian besar perawat menerapkan komunikasi yang baik yaitu sebanyak 39 perawat (50,6%), Kepuasan pasien sebagian besar pasien menyatakan cukup puas yaitu sebanyak 39 pasien (50,6%) . Analisis Korelasi rank spearman p = 0,000 < α (0,05) Kesimpulan : Ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di ruang Medikal Bedah Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya