Daftar Isi:
  • Periode pembelajaran klinik merupakan hal menyenangkan tetapi status dan peran sebagai mahasiswa seringkali menjadi stressor. Proses transisi pembelajaran akademik ke pembelajaran klinik dapat menyebabkan stres yang tinggi bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisishubungan mekanisme koping dengan tingkat stres pada mahasiswa program profesi ners di STIKES Insan Unggul Surabaya Jenis penelitian Analitik Observasional, desainCross Sectional, Variabel independen adalah mekanisme koping, variabel dependen tingkat stres. Populasi 74 dan Sampel 62. Teknik simple random sampling. Uji korelasiKoefisien Lamda dengan α=0,05. Mekanisme koping Adaptif sebanyak 34 (54,8%) mahasiswa. Tingkat stres Sedang sebanyak 29 (46,8%) mahasiswa. Berdasarkan uji statistik korelasi Koefisien Lamdadidapatkan p = 0,002 < a= 0,05, maka H 0 ditolak dan H i diterima. Ada hubungan mekanisme koping dengan tingkat stres pada mahasiswa program profesi ners di STIKES Insan Unggul Surabaya.