Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Penerapanetnomatematikadalampembelajaranperludidukungsuatubahan ajar. Berdasarkaninformasi yangyangdiperolehbahwapendidikmasihkesulitanuntukmenerapkanetnomatematikasertabahanajar yang digunakanberupabukupaketdaripemerintahdanbelumadabahan ajar untukmemandukegiatanpesertadidikdenganetnomatematika.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajardalambentukmodulberbasisetnomatematikapadamateribangundataruntukkelas IV SD. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodel pengembangan4D oleh Thiagarajanyang tediridari 4 tahapyaitu (1) define, (2) design,(3) develop, (4) disseminate. Penelitianinidibatasisampaitahapdevelop. Kelayakandaribahanajardilihatdariaspekvaliditasadanefektifitas. Validitasdidapatkandarihasilvalidasiolehdosenpendidikanmatematikadan guru matematika. Efektifitasdiperolehdarihasilbelajardanangketresponpesertadidik. Ujicobadilakukanpadakelas IV SD Negeri 343 Gresik dengan 24 pesertadidik. Teknisanalisis data yang digunakanadalahkualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitianmenujukkanbahwabahanajar yang dikembangkanlayakdigunakandenganhasilujivalidasi yang memperolehnilai84% dalamkategorisangatlayak. Hasilujiefektifitasditinjaudariketuntasanhasilbelajarpesertadidiksebesar 75% dengan KKM 65 danditinjaudariangketresponpesertadidik yang memperolehhasilsebesar 86,8% dalamkategoribaik.