JURNAL JENDELA KESEHATAN "Penerapan Metode Tanya Jawab Pendekatan Individu untuk mengatasi Kesulitan Mahasiswa S1 Gizi dalam materi Tata Nama Senyawa"
Main Author: | Yunitasari, Norainny |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Stikes Delima Persada Gresik
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/4109/1/artikl%20metode%20tanya%20jawab_sari.pdf http://eprints.umg.ac.id/4109/ |
Daftar Isi:
- Tatanama senyawa adalah salah satu materi atau kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa S1 Gizi dalam matakuliah kimia dasar. Kompetensi ini sangatlah penting untuk mengenal komponen kimia dalam makanan atau minuman. Dari beberapa tahun sebelumnya dan sesuai dengan survai pendahuluan di mahasiswa S1 Gizi STIKES Delima Persada Gresik, materi ini dianggap sangat sulit. Mereka banyak yang sampai akhir perkuliahan merasa masih bingung dalam menentukan nama dari senyawa kimia. Oleh karena itu, dosen seringkali melakukan pengulangan dan remidi terkait penilaian terhadap kompetensi ini. Hal ini juga tidak terlepas karena mahasiswa S1 Gizi STIKES Delima Persada Gresik adalah sangatlah bervariasi background pendidikan sebelumnya. Asal mahasiswa S1 Gizi STIKES Delima Persada Gresik ada yang dari SMK tata boga, SMA non IPA, dan juga ada yang dari pondok. Jadi bisa dipahami yaitu dimungkinkan dari pendidikan sebelumnya masih belum paham dan mungkin belum mengenal kimia, sehingga kuliah ini menjadi pertama kali bagi mereka. Dari masalah ini dosen dituntut untuk berusaha melakukan perbaikan-perbaikan di dalam proses pembelajaran. Dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam apa kesulitan yang dihadapi mahasiswa, dosen terinsipasi untuk melakukan penelitian dengan menerapkan metode tanya jawab dengan pendekatan individual. Hal ini dikarenakan untuk mewadai mahasiswa yang memiliki rasa malu bertanya atau menjawab atas pertanyaan atau masalah yang timbul di dalam kelas.