JURNAL JENDELA KESEHATAN STIKES DELIMA PERSADA GRESIK "Analisa Kepuasan PAsien di Apotek KF Gresik"
Main Author: | Ratnasari, Diah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Stikes Delima Persada Gresik
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/4105/1/artikl%20analisis%20kepuasan%20apotek_diah.pdf http://eprints.umg.ac.id/4105/ |
Daftar Isi:
- Apotek adalah suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian, penyaluran sediaan farmasi, dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Pada saat ini paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan mengacu kepada pharnaceutical care. Dengan adanya persaingan bisnis apotek yang semakin tinggi, maka apotek diharuskan untuk berlomba dalam meningkatkan kualitas pelayanan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan farmasi di Apotek Kimia Farma GKB. Data diambil menggunakan kuesioner terhadap konsumen yang membeli obat di apotek tersebut. Pengukuran kepuasan pelanggan ini dilakukan kepada 100 responden selama bulan April 2018 sampai dengan bulan Juni 2018 dengan metode accidental sampling. Hasil Penelitian yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan bahwa tingkat kepuasan konsumen di Apotek Kimia Farma GKB yaitu cukup puas hal ini ditunjukkan dari nilai kinerja sebesar 3,85 , nilai harapan 4,60 dan gap -0,75.